Rabu, 26 Februari 2020

Beli Apartemen atau Rumah??


Hasil gambar untuk apartemen atau rumah 
Beli apartemen atau rumah merupakan suatu permasalahan yang dihadapi kaum millennial utamanya untuk kaum millennial yang berada di kota-kota besar. Hal tersebut terjadi karena tingginya harga tanah yang ada di kota-kota besar yang kemudian pebisnis developer melihat peluang tersebut dengan membuat produk rumah susun atau apartemen atau hunian vertikal. Selain itu berubah nya pola hidup para masyarakat yang berada di kota-kota besar dan kebutuhan untuk mendapatkan tempat tinggal yang tidak jauh dari lokasi kerja.

Bisa dilihat untuk area bintaro yang berada di jakarta selatan. Bintaro merupakan  kota mandiri yang dikembangkan PT. Jaya Real Property yang waktu awal area tersebut dibangun pada tahun 1979. Setelah melewati 30 tahun kawasan tersebut kini menjadi kawasan maju dengan banyak fasilitas umum, pusat perbelanjaan dan perkantoran yang sudah berdiri. Kawasan bintaro pun saat ini sudah dapat ditemukan hunian vertikal dengan harga yang cukup variatif diantaranya:


The Accent Condominium
Merupakan produk dari PT. Jaya Realty yang berlokasi di CBD/D No. 1, Jl. Wahid Hasyim, Pd. Jaya. Produk yang ditawarkan cukup banyak dimana terdapat 2 tower dengan 11 tipe ruangan hunian dengan data detail dan fasilitas yang dimiliki dapat dilihat pada situs resminya di http://theaccent.id/.

Harga jual yang ditawarkan untuk luasan 39 m2 dengan nilai 1 Millyar rupiah dan rasio harga per meter perseginya di 25 jutaan. Harga sewa yang dipasarkan untuk luasan tersebut pertahunnya 90 juta dengan capital ratenya di 9%.

Apartement Bintaro Parkview
Produk dari Duta Putra Grup yang berlokasi di Jl. Bintaro Permai Pesanggrahan, Bintaro ini merupakan apartemen kelas medium dengan harga yang per meter persegi yang paling murah diantara apartemen-apartemen yang dibahas pada postingan ini.

Harga yang ditawarkan untuk apartemen bintaro parkview dengan luasan 37 di nilai 650 juta dengan rasio meter persegiyan di 17 jutaan dan harga sewa yang ditawarkan dari beberapa situs penyewaan pertahunnya 42 juta rupiah dan nilai capital ratenya yaitu 6,46%

Lexington Residence
Produk PT Cowell Development Tbk ini merupakan apartemen kelas atas dengan fasilitas yang ditawarkan sesuai dengan harga yang dijual. Produk yang ditawarkan dapat dilihat pada situs resminya
http://lexington-residence.co.id/

Harga jual yang kami temukan di beberapa situs internet penyedia jasa jual rumah/apartement untuk luasan 31 m2 berada di harga 1,438 Millyar dengan harga jual per meter perseginya di nilai 40 jutaan. Nilai yang cukup besar dan capital rate yang ada dengan nilai 10 %, sehinggan nilai harga sewa yang ada di pasaran berada di nilai 144 juta pertahunnya

Dari tiga review apartemen yang ada dapat diambil kesimpulan untuk rasio harga jual per meter perseginya apartemen tidak terlalu jauh dengan rasio harga jual permeter persegi yang dimiliku rumah yang berada di kisaran antara 15 juta sampai 30 juta rupiah tergantung lokasi dan fasilitas akses untuk rumah yang akan dijual tersebut. Namun kelebihan yang dimiliki dari apartemen yang tidak dimiliki dari aset rumah (landeed house) yaitu fasilitas yang ditawarkan. Apartemen umumnya sudah memiliki fasilitas seperti kolam renang dan pusat perbelanjaan dan jasa yang biasanya disediakan pada lantai dasar di setiap tower apartemen. Selain fasilitas yang diperoleh untuk kegiatan investasi memang tidak dapat dipungkiri dari 3 data di atas nilai capital rate yang dimiliki apartemen cukup tinggi yaitu di atas 6 % hal ini yang mana akan menjadi salah satu cara untuk bisa menjadi ladang investasi. Dimana capital rate yang dimiliki rumah umumnya di angka 3-5% (source :99.co) sedangkan capital rate untuk sebuah unit apartemen paling rendah di 6% dengan catatan untuk capital rate 5% itu dimiliki oleh rumah dengan status untuk pasar high sedangkan capital rate 6% dimiliki oleh unit apartemen dengan market low-medium. Hal ini yang menjadi dasar kenapa pasar unit apartemen untuk kondisi saat ini menjadi tinggi.

Bagikan

Jangan lewatkan

Beli Apartemen atau Rumah??
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.