Selasa, 17 Juli 2018

Tips dan Rekomendasi Memilih Sepeda

Sepeda merupakan moda transportasi yang cukup populer dikalangan masyarakat yang berada dikota metropolis. Sepeda menjadi alternatif di kalangan masyarakat dikarenakan dapat dijadikan sebagai moda transportasi pun juga dapat menjadi sebuah sarana berolahraga. Sebuah kepraktisan yang banyak dicari oleh kalangan masyarakat. Adapun beberapa jenis sepeda yang beredar :


1. Road bike - sepeda yang fungsi utamanya digunakan di area medan jalanan yang cenderung halus. Sepeda road bike umumnya memiliki ban dengan diameter 26"-27" dengan ketebalan yg cukup tipis (lebar ban yg kecil dan halus). Untuk penggunaan sepeda sebagai alat olahraga yang berada dikawasan perkotaan dengan kondisi medan yang audah beraspal cocok dengan tipe ini.


2. Mountain bike - Sepeda ini cocok digunakan dalam area pegunungan ataupun medan berat lainnya. Sepeda yang juga dikenal dengan sebutan mountain bike (MTB) dan (All Terrain Bike/ATB. Umumnya sepeda ini memiliki bentuk rangka frame yg kokoh (pipa berdiameter besar), shock breaker di front dan rear (drpan belakang), tapak ban yg lebar dan bertekstur. Tipe sepeda ini merupakan tipe sepeda yang cocok digunakan untuk keperluan hobi dan olahraga dengan medan jalanan berbukit (dengan tanjakan dan turunan ekstrem / medan berkontur) dan berbatu (non aspal)

3. Folding bike - Sepeda ini juga akrab disapa seli. Si seli ini lebih cocok digunakan bagi yang membutuhkan kepraktisan namun tetap dinamis. Seli ini kini banyak yang menggunakannya, terutama mereka yang mengusung gerakan bike to work. Karena sepeda ini cukup praktis untuk dibawa dan digunakan. Umumnya sepeda lipat merupakan sepeda dengan bentuk frame yg minimalis dengan kelebihan dapat dilipat dengan bentuk ban yg kecil diantara 14"-20" dengan diameter ukuran ban terbesar di 26". Sesuai dengan penjelasan sebelumnya di atas untuk tipe sepeda ini umumnya digunakan oleh para pekerja yang tinggal di pinggiran kota dan bekerja di pusat kota. Untuk memudahkan mobilitas dan efisiensi pada proaes perjalanan bekerja.

4. Sepeda BMX - sesuai dengan namanya BMX ini merupakan brand sepeda yang menjual produk sepedanya yang sering digunakan untuk kegiatan olahraga ekstreme dengan ciri-ciri sepeda yang memiliki frame kecil dan diameter ban 20".






Cukup banyak tipe-tipe sepeda yg beredar di pasaran terutama bila kita membahas sepeda modif (lowrider, sepeda tinggi dkk.) yang diluar dari pembahasan di atas. Pembahasan ini hanya sekedar menjelaskan sepeda-sepeda yang umumnya beredar dipasaran. Sehingga dapat memudahkan kita untuk melakukan seleksi/pemilihan sepeda yang sesuai dengan kebutuhan kita, sehinga kita tidak memerlukan lagi adanya pembelian kembali sepeda yg dapat membutuhkan cost yang cukup besar.

Bagikan

Jangan lewatkan

Tips dan Rekomendasi Memilih Sepeda
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.