Precast Retaining Wall Methods - Metode Precast Retaining Wall

Precast merupakan metode pelaksanaan yang dapat memudahkan proses pelaksanaan. Selain dalam hal pelaksanaan dapat lebih cepat, metode precast lebih efisien dari segi biaya pelaksanaan. Retaining wall pun dapat dilaksanakan dengan metode precast. Precast retaining wall dapat dilaksanakan dengan langkah-langkah berikut:


Membuat open cut galian untuk lokasi retaining wall. Pengecoran lantai kerja unutk retaining wall dengan menambahkan alat bantu untuk tempat berdirinya retaining wall. Setelah lantai kerja dan alat bantu sudah terlaksana dan kering kemudian letakkan precast retaining wall panel dengan alat mobilisasi (tower crane atau mobile crane)



Pada proses perletakan retaining wall panel untuk dapat diberikan pegangan di sisi dalam dan luarya atau salah satu sisinya untuk dapat membuat retaining wall panel dapat berdiri dengan sempurna. Setelah retaining wall panel berdiri seluruhnya kemudian dilakukan penyatuan joint pada antar panel dengan cara merekatkan dengan bahan perekat. Pada proses penyatuan antar panel ini lah yang dapat memberikan resiko terjadinya kebocoran. Namun, hal tersebut dapat diantisipasi dengan beberapa metode. Salah satunya dengan cara pada gambar di bawah.
(klik untuk memperbesar)

Metode di atas dapat digunakan untuk dapat mengurangu terjadinya kebocoran pada sambungan antar panel, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada video dibawah.



Previous
Next Post »