Peranan Isolasi Dasar Dalam Meredam Getaran Gempa Pada Gedung

Teknologi isolasi dasar atau base isolation merupakan teknologi yang sudah lama keluar dan sering kita jumpai dalam konstruksi jembatan pada umumnya. Namun tidak sedikit orang yang masih mepertanyakan kenapa sih gedung butuh isolasi dasar untuk peredam gempa? Jawabannya cukup simple dan dapat langsung dilihat pada video dibawah; 


Video diatas di ambil dari penelitan UCSD pada bulan desember 2006. Dari video diatas untuk gedung konvensional tanppa menggunakan base isolation/isolasi dasar berada pada sisi sebelah kiri dan gendung dengan penambahan isolasi dasar/base isolation digunakan pada model gedung sebelah kanan.


Model gedung konvensional memiliki getaran yang cukup besar sehingga akan menyerang pada bagian join/Hubungan balok kolom struktur tersebut. Sedangkan pada model sisi sebelah kanan, getaran yang terjadi cukup kecil karena sebelum getaran yang dihasilkan oleh tanah/gempa sudah diserap terlebih dahulu oleh base isolation/isolasi dasar. Hal tersebut dapat dilihat ketika getaran terjadi, isolasi dasar bergerak terlebih dahulu yang kemudian diikuti oleh struktur model gedung tersebut.
Previous
Next Post »