Pemasangan Floordeck Sebagai Pengganti Plywood dan Tulangan Pada Pelat Konvensional

Floordeck merupakan teknologi pengganti plywood dan sebagian tulangan pada pelat konvensional. Berkurangnya volume plywood dan penggunaan tulangan (yang dalam postingan ini akan disebutkan sebagai besi) sangatlah berpengaruh terhadap kecepatan pemasangan dan pengerjaan struktur pelat. Tapi yang harus diperhatikan bahwa kekuatan dari pelat floordeck/smartdeck/bondek lebih baik digunakan saat tipe pelat tersebut merupakan pelat tipe satu arah. Kenapa? karena dari segi kekakuan yang terpasang, sisi sambungan smartdeck/floordeck/bondek berada pada sisi arah X, sehingga kekuatan pada arah lawannya atau arah Y kurang maksimum.

Pemasangan yang mudah, sehingga cukup banyak orang yang sudah mulai untuk menggunakan floordeck. Proses pemasangannya juga mampu menghemat penggunaan scaffolding. Pemasangannya dapat dilihat pada video Youtube berikut :




Proses pemasangan kurang lebih hampir sama, mulai dari pemasangan perancah dengan arah pemasangan seperti pada gambar berikut:

Gambar di atas memperlihatkan proses pemasangan dimana modul metaldeck/smartdeck dipasang mengikuti arah sumbu Lx (sumbu pendek). Sedangkan, untuk perkuatan yang berada di tengah bentang metaldeck/smartdeck/bondek digunakan untuk menghindari lendutan dan kerusakan pada modul metaldeck.


Untuk penentuan berapa banyak perkuatan pada metaldeck/smartdeck/bondek dapat dilihat pada tabel dibawah:
Tabel Formwork Stage Smartdeck Lysaght
Dari tabel di atas, pemasangan perkuatan perancah pada metaldeck/smartdeck/bondek dapat diambil kesimpulan terburuk untuk pemasangan perkuatan perancah untuk pelat yang tebalnya kurang dari 170 mm membutuhkan perkuatan perancah setiap 2 meter.

Detail pemasangan metaldeck/smartdeck/bondek pada bekisting dapat dilakukan sesuai dengan gambar dibawah:
Dalam standar yang dikeluarkan oleh beberapa kontraktor metaldeck menyarankan untuk metaldeck dimasukkan ke dalam area balok yang akan tercor sedalam 25 mm. Jadi saat dalam proses pemasangan metaldeck, metaldeck dipasang dengan diberikan offset 25 mm lebih masuk ke dalam area balok, atau lebih mudahnya para pekerja diarahkan untku memasang metaldeck dengan menyentuhkan ujung metaldeck dengan tulangan/besi balok.

Selepas pemasangan metaldeck, kemudian dapat dilaksanakan pemasangan besi/tulangan/reinforcement untuk pelat tersebut. Dimana, seharusnya pemasangan tulangan dengan menggunakan metaldeck akan lebih sedikit daripada pemasangan tulangan/besi pada pelat konvensional.

Pembesian selesai, dapat langsung dilakukan pengecoran. Penggunaan teknologi floordeck memang dapat melakukan efisiensi biaya pada alat perancah, material beton, plywood dan besi/tulangan dari pada menggunakan teknologi pelat konvensional.

Atau baca Artikel berikutnya mengenai:

Previous
Next Post »