Kerugian dan Keuntungan Menggunakan Floordeck

Floordeck merupakan suatu teknologi konstrksi yang merubah pemakaian baja tulangan untuk tulangan pokok yang berada di sisi serat bawah dengan menggunakan metaldeck. Penggunaan metal deck sebagai pengganti tulangan pokok beton yang berada disisi bawah memang sangat menguntungkan dalam segi kecepatan produksi.



Penggunaan metaldeck dapat mengurangi pemakaian bekisting dan perancah dengan jumlah yang cukup massive. Namun, penggunaan metaldeck akan lebihm menguntungkan jika tulangan rencana yang ada merupakan tulangan 2 lapis (seperti gambar terlampir) dilihat dari keseluruhannya. Dengan penggunaan awal tulangan 2 lapis, peralihan dengan menggunakan teknologi floordeck dapat saving sekitar Rp. 15.000,- lebih setiap m2. Cukup besar dalam penghematan struktur dalam segi cost.

Dari segi teknis atau kekuatan, penggunaan teknologi floordeck mampu memiliki kekuatan yang cukup besar. Penggunaan perancah yang sedikit yang membuat teknologi floordeck lebih cepat dalam proses pekerjaannya dan tidak rumit dan lebih mudah untuk dalam pengawasannya.


Sama halnya dengan pelat konvensional yang memiliki kelemahan. Teknologi floordeck pun memiliki kelemahan-kelemahan yang dapat fatal di dalam segi struktural. Penggunaan floordeck dapat memperlemah kekuatan inersia yang ada karena floordeck sudah termasuk material komposite, dimana dalam segi defleksi/lendutan akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan pelat konvensional biasa. Sehingga dalam segi kenyamanan akan berkurang. Ketika dalam proses konstruksi berlangsung, getaran akibat floordeck dengan tebal 12-14 cm yang terjadi akan besar dan mudah membuat orang awam cukup panik ketika berada di atasnya. Namun, itu semua akan tertutupi ketika floordeck sudah di screed, keadaan akan lebih tenang.

Proses pemasangan juga yang harus dengan benar, karena kesalahan sedikit pada joint antar smartdeck, pemasangan smartdeck akan berakibat pada struktural. Tapi dalam proses desain, keseringan para insinyur mendesain gedung dengan sistem portal yang mana pelat diasumsikan tidak memiliki kekakuan dalam mendissipasi/mereduksi gempa.

Kekakuan yang dimiliki floordeck pun tidak seirama, karena tidak ada bending antar floordeck. Floordeck akan lebih cenderung susah dalam mendistribusikan beban yang dimilikinya, kecuali ditambahkan tulangan tambahan utnuk bending antar smartdeck yang terlihat pada gambar 2.

Gambar 2. Detailing Installation on Concrete Frame Construction

Penggunaan floordeck sangat menguntungkan dari segi cost, namun tetap aman dalam segi kekuatan struktur. Hanya saja, perlu pengawasan yang cukup ketat dalam proses pelaksanaannya. Untuk mengetahui step-step dalam proses pemasangan floordeck/metaldeck/smartdeck/bondek dapat dilihat pada postingan berikut

Salam Green Engineer!!
Previous
Next Post »