NOW, Indonesia is Green!

Zaman semakin merujuk kepada efesiensi dan efektivitas yang tinggi. Penggunaan material dan energi yang sangat besar kini sudah out of date! Indonesia kini sedang diusungkan dengan demam green. Terutama Jakarta yang memiliki gedung-gedung bertingkat terbanyak di Indonesia.

Tidak sedikit kini gedung-gedung baru yang ada sudah menganut konsep green building. Walaupun data dari GBCI di Indonesia yang sudah lolos sertifikasi akan green building masih terbilang sedikit, tapi itu tidak menutup kemungkinan untuk selalu bertambah. Karena bangunan yang disertifikasi masih berupa bangunan gedung bertingkat. Belum termasuk bangunan rumah-rumah di Indonesia yang kini sudah banyak menganut sistem green.

Draft sistem rating yang diusungkan dari GBCI sendiri yang didukung oleh World Green Building Council, dan dilaksanakan oleh Komisi Rating dari GBCI. Kategor-kategori yang harus dipenuhi suatu bangunan untuk mendapatkan sertifikasi greenship terbagi atas enam aspek yang terdiri dari :
  • Tepat Guna Lahan (Appropriate Site Development/ASD)
  • Efisiensi Energi & Refrigeran (Energy Efficiency & Refrigerant/EER)
  • Konservasi Air (Water Conservation/WAC)
  • Sumber & Siklus Material (Material Resources & Cycle/MRC)
  • Kualitas Udara & Kenyamanan Udara (Indoor Air Health & Comfort/IHC)
  • Manajemen Lingkungan Bangunan (Building & Enviroment Management)
Masing-masing aspek terdiri atas beberapa Rating yang mengandung kredit yang masing-masing memiliki muatan nilai tertentu dan akan diolah untuk menentukan penilaian. Poin Nilai memuat standar-standar baku dan rekomendasi untuk pencapaian standar tersebut.
Jadi, sekarang tidak menutup kemungkinan bahwa perencanaan gedung yang boros, tidak hemat energi, merusak lingkungan sudah tidak diadopsi lagi. Penggunaan sistem plumbing gedung yang sudah menggunakan sistem recycle yang mana air-air yang kiranya masih dapat digunakan untuk keperluan mencuci kendaraan dan menyiram tanaman berasal dari air yang masih masuk dalam kategori dapat digunakan kembali dan di saring kembali untuk memperoleh hasil air yang baik.
Previous
Next Post »