Statik Non-Linear

Statik Non-Linear adalah salah satu metode analisisstruktur yang tujuan utamanya untuk meramalkan perilaku struktur terhadap beban lateral seismik. Analisis statik non-linear digunakan untuk mengetahui letak posisi struktur akan leleh ketika terkena beban lateral. Pemberian beban lateral yang secara menerus dan berskala sampai struktur mengalami keadaan plastis. Proses ini bersifat non-linear dikarenakan keadaan struktur yang dikaji sudah mengalami keadaan elastis, atau dalam artian lain struktur sudah mengalami keadaan in-elastis.

Statik non-linear atau lebih dikenal dengan sebutan statik pushover ini sedang mengalami ketenarannya. Penggunaan analisis statik non-linear ini sering dapat mengetahui kapan struktur gedung tersebut mengalami keruntuhan. Analisis statik 2 dimensi atau 3 dimensi di mana pengaruh Gempa Rencana terhadap struktur gedung dianggap sebagai beban-beban statik yang menangkap pada pusat massa masing-masing lantai, yang nilainya ditingkatkan secara berangsur-angsur sampai melampaui pembebanan yang menyebabkan terjadinya pelelehan (sendi plastis) pertama di dalam struktur gedung, kemudian dengan peningkatan beban lebih lanjut mengalami perubahan bentuk elasto-plastis yang besar sampai mencapai kondisi di ambang keruntuhan.


Statik non-linear menghasilkan kriteria kinerja pada suatu gedung, dimana:
 


Tujuan dari analisis statik adalah untuk mengevaluasi perilaku struktur dengan memperlihatkan kurva kapasitas dan skema kelelehan yang terjadi pada struktur tersebut.
Previous
Next Post »