Bagaimana Tower Crane Bisa Setinggi itu?

Tower crane adalah suatu alat yang sangat umum dan sering dijumpai di setiap lokasi konstruksi yang notabennya sering digunakan pada bangunan gedung tingkat tinggi. Tower crane sendiri digunakan untuk memudahkan pekerjaan konstruksi pada high rise bulding terutama untuk pekerjaan pendistribusian material dari lantai dasar menuju lokasi di atas gedung. Tower crane berguna untuk menjangkau daerah tersebut untuk mempersingkat waktu jika dibandingkan dengan penggunaan SDM yang memindahkan material menuju lokasi gedung yang letaknya berada di atas yang efeknya akan membutuhkan durasi yang cukup lama.Mungkin masih ada yang menanyakan bagaimana tower crane bisa setinggi itu?. Mungkin ini sedikit penjelasan singkatnya.


1. Hal pertama yang dilakukan yaitu perencanaan tower canenya itu (supaya tidak roboh menimpa gedung lain).
2. Setelah itu pelaksanaanya yaitu membuat pondasi untuk penahan tower crane tersebut agar tidak terguling.
3. Pembuatan pondasi selesai kemudaian pemasangan base section.
4. Base section telah terpasang kemudian mast sectionn dipasang menggunakan bantuan mobile crane (seperti gambar di bawah).


5. Climbing crane dipasang sebagai self assembly dengan menggunakan mobile crane
6. Setelah climbing crane telah terpasang, kemudian  pemasangan boom lengkap dengan trolley, counter weight dan cabin operator dibantu dengan menggunakan mobile crane.
7. Setelah itu pemasangan mast section dilakukan dengan menggunakan climbing crane yang telah terpasang sesuai dengan rencana yang telah direncanakan.

untuk lebih jelasnya simak gambar di bawah:

Atau untuk lebih jelasnya lagi bisa dilihat dari video di bawah (tapi di bawah video pelepasan dari tower crane, untuk pemasangan sama saja tapi terbalik)

Sekian dulu untuk penjelasan tentang bagaimana tower crane bisa setinggi itu. :D

Semoga dapat memberikan sedikit pencerahan
Previous
Next Post »